Tips Sehat

Amankah Peralatan Masak Anda ?

Dewasa ini peralatan memasak yang beredar menjadi semakin canggih saja. Bukan hanya dari bentuk maupun gayanya yang mengikuti gaya hidup yang modern. Peralatan-peralatan masak tersebut pun banyak yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan berteknologi tinggi dengan tujuan mempermudah kegiatan memasak sehari-hari. Namun, bila dikaji dari sisi kesehatan, banyak hal yang bisa terjadi akibat penggunaan peralatan masak yang diaplikasi dari bahan-bahan yang kurang baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metal cookware tertentu yang biasa digunakan untuk memasak bisa menimbulkan efek yang berbahaya bagi tubuh. Zat kimia yang beracun bisa saja bersembunyi di dalam rangkaian peralatan masak di rumah Anda. Berikut ini adalah beberapa bahan yang banyak diaplikaskan untuk peralatan masak yang tanpa sadar berpeluang untuk menimbulkan efek bahaya bagi tubuh.

1. Stainless Steel

Stainless Steel terbuat dari campuran besi dan beberapa jenis metal seperti krom dan nikel. Harga yang terjangkau dan sifat bahan tahan lama menjadikan stainless steel banyak diaplikasikan dalam peralatan memasak. Namun dalam jumlah tertentu, stainless steel dapat bereaksi dengan makanan dalam bentuk asam dan garam serta dapat menjadi racun dalam tubuh.

2. Cast Iron (besi cor)

Cast Iron merupakan metal yang paling mudah menimbulkan karat. Selain itu, Cast Iron berpeluang besar untuk bereaksi dengan makanan dalam bentuk ion Fe+2 dan Fe+3. Hal tersebut dapat menimbulkan bahaya karena tubuh manusia tidak dapat mencerna besi dalambentuk ion tersebut.

3. Kaca, keramik, dan gelas

Sebenarnya kaca, keramik, dan gelas merupakan penghantar panas yang buruk, namun mudah dibersihkan, dan dapat dipanaskan dengan suhu yang tinggi. Umumnya, kaca, keramik dan tembikar dibuat dari campuran cadmium dan timah yang memiliki efek negatif : membahayakan kehamilan dan menimbulkan gangguan konsentrasi. Di Kanada, kaca, keramik dan tembikar yang memiliki kandungan cadmium dan timah yang tinggi telah dilarang untuk diaplikasikan dalam peralatan memasak.

4. Aluminium

Aluminium merupakan penghantar panas yang baik dan cukup murah sehingga menjadi pilihan populer untuk diaplikasikan dalam peralatan memasak, namun perlu diwaspadai semakin lama masakan dimasak atau disimpan dalam panci aluminium, semakin besar kemungkinan masakan terkontaminasi hidroksida yang berasal dari aluminium. Hal tersebut dapat menimbulkan gangguan seperti radang usus besar.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: